Latest Posts

SPONSORSHIP BY: OPEX CONSULTANT GROUP. WEBSITE: (WWW.OPEXCG.COM)

Mahanila Store
Mahanila Store
Mahanila Store

Cross Col

Thursday 21 July 2016

Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan Saat Wawancara dan Jawabannya


Pertanyaan yang Paling Sering Diajukan Saat Wawancara dan Jawabannya


Pertanyaan ditanyakan saat wawancara kerja:

1. Ceritakan tentang diri

 

Contoh jawaban yg kurang tepat:
Usia saya 21 tahun, lahir di Jogja, 1 Januari 1987. Anak ke 2 dari 5 bersaudara. Ayah saya pegawai negri, Ibu saya Ibu Rumah Tangga. Hobi saya jalan-jalan, nonton, dan baca komik.dst dst..

Contoh jawaban Yang tepat:

Jawablah dengan jawaban seputar kelebihan dan kekurangan (your strengths and weaknesses point). Jangan cuma cerita yg bagus2 tentang diri kita karena nanti bisa dikira cuma ngibul, ceritakan juga tentang kelemahan  tapi dengan kemasan yang baik. Contohnya: Saya orang yang optimis, pekerja keras, kreatif, dan punya inisiatif tinggi. Saya mampu bekerja secara independent maupun bekerja sama dalam tim. Kadangkala saya suka lupa akan hal-hal kecil, tapi untuk menutupi kelemahan saya itu, saya selalu menyiapkan notepad kecil untuk mencatat segala hal agar tidak lupa. (ini kelemahan yang dikemas dengan baik).

2. Kenapa  berhenti dari pekerjaan  sebelumnya?


Jawab dengan positif. Jangan menjelekkan perusahaan  sebelumnya, apalagi ngomongin kejelekan bos/supervisor/temen kantor. Jawab dengan senyuman dan katakan hal-hal positif seperti "mencari kesempatan yang lebih baik untuk berkembang", "mencari tantangan baru", dan sejenisnya.

3. Apa pengalaman  di bidang ini?


Kalau  fresh graduate (Baru lulus sekolah) dan belum punya pengalaman sama sekali, jawab saja dengan jujur. Tapi tambahkan pernyataan/statement bahwa  adalh orang yang senang mempelajari hal-hal/ tantangan baru dan seorang fast learner (Bisa cepat belajar). Kalo  tidak punya pengalaman di bidang itu (tapi punya pengalaman di bidang lain), jawab saja senyambung mungkin.


Contoh:  melamar di bidang Marketing sementara pengalaman  di Public Relation. Jawab aja kalau  punya basic excellent communication skill (teknik berkomunikasi yang baik tingkat dasar) sewaktu bekerja sebagai PR yang pastinya merupakan modal untuk berinteraksi/ communicate with customers 9Berkumnikasi dengan Pelanggan).

4. Apa yang  ketahui tentang perusahaan ini?


Pertanyaan ini juga lumayan sering ditanyakan. Karena itu sangat penting untuk melakukan background checking pada perusahaan yang  lamar. Bergerak dibidang apakah perusahaan itu? Bagaimana  pencapaiannya? Range Marketnya?, dll. Informasi tersebut bisa didapatkan via internet, company website/ profile, atau lebih bagus lagi dari orang yang bekerja di perusahaan tersebut.


 
5. Apakah  sedang melamar di perusahaan lain selain disini?

 

Jawab dengan jujur, tapi jangan bahas terlalu lama. Tetap fokus pada interview  sekarang ini.

6. Kenapa  ingin bekerja di perusahaan ini?

 

Jawaban atas pertanyaan ini harus dipikirkan dulu dan juga harus didasari oleh "background checking" yang sudah  lakukan tentang perusahaan tersebut. Ketulusan menjawab bakal keliatan banget di pertanyaan ini. Jadi, jawablah dengan jawaban yang berhubungan dengan tujuan karir  jangka panjang.

7. Apakah  ada kenalan di perusahaan ini?


Hati-hati menjawab yang satu ini. Pada beberapa perusahaan tertentu ada kebijakan-kebijakan mengenai hal ini. Jadi, kalau memang lowongan tersebut  ketahui dari teman/ keluarga, tanyakan dulu kepada mereka mengenai kebijakan di perusahaannya.

8. Berapa gaji yang  inginkan?


This is the ultimate question of all !
Ini pertanyaan inti/ pokok dari semua pertanyaan. Intinya disini: Jangan gegabah! Jangan langsung jawab: "5juta pak, 10 juta pak!".  Dan juga jangan malah malu-malu.. dan malah ngejawab "terserah bapak aja".. Too Funny. Yang benar, sebelum menjawab tarik napas dulu sebentar (seolah-olah pura-pura mikir), lalu nanya balik. "Maaf Pak, kalau boleh saya tahu, berapa range salary yang diberikan perusahaan ini untuk posisi ini?". "Kalo untuk posisi ini biasanya sekitar 2 sampai 2,5 juta". "Oh begitu. Begini Pak, kalau dari pihak saya, tentunya saya mengharapkan adanya peningkatan pendapatan dari pekerjaan saya yang sebelumnya." "Memang sebelumnya salary  berapa?". "(nah disinilah  pasang ekspektasi gaji . Misalnya gaji  sebelumnya 2 juta, pastinya mengharapkan lebih dong,  so mark-up sedikit jadi 2,5 – 3 juta. lebih boleh asal jangan terlalu). Range maksimum target biasanya 30% dari gaji sekarang. Kalo si interviewer tidak memberikan range gajinya, Anda harus kasih range gaji yang Anda inginkan. Untuk penetapan range ini, pertimbangkan segi biaya transportasi, uang makan, tunjangan kesehatan, gaji sebelumnya, job description nantinya, plus referensi dari teman/ kenalan Anda yang bekerja di bidang yang sama.

9. Apakah  bisa bekerja dalam tim?


Selalu jawab YA. This will add your plus points.
Ini adalah nilai lebih anda. Jangan lupa siapin examples kalau ditanya buktinya apa.

10. Jika  diterima bekerja disini, berapa lama  berencana untuk bekerja?


Jangan pernah jawab spesifik: "Paling lama 2 tahun saja Pak, soalnya begini…..". Something like this should work: "Saya ingin bekerja untuk waktu yang lama. Atau selama kedua belah pihak merasa bahwa saya melakukan pekerjaan saya dengan baik"


11. Jelaskan mengapa perusahaan kami harus mempekerjakan ?


Jawab dengan semangat, percaya diri, dan antusias. Ini kesempatan bagus untuk "Kemampuan" diri anda. Katakan hal-hal positif tentang diri yang dibutuhkan perusahaan/ bisa menunjang kemajuan perusahaan.
Berikan beberapa alasan termasuk skill, pengalaman, dan interest Anda.


12. Apa saja kekuatan diri ? (Your greatest strength)


Kuncinya tetap berpikiran positif. Contoh-contoh yang bisa dipakai: kemampuan Anda untuk memanage skala prioritas, kemampuan Anda untuk fokus pada pekerjaan, kemampuan Anda untuk bekerja di bawah tekanan, kemampuan Anda dalam pemecahan masalah, kemampuan Anda dalam memimpin team, dll.

13. Apakah  bersedia untuk bekerja lembur/bermalam/di akhir minggu?


Jawab sejujur-jujurnya

14. Apakah  ada pertanyaan?


Selalu siapkan satu dua pertanyaan untuk menimbulkan kesan positif. Misalnya seperti seputar job description, ruang lingkup kerja, market perusahaan, dll.

Berikut ini pertanyaan yang kadangkala keluar saat Interview:

1. Menurut Anda, apakah Anda termasuk orang sukses?

Pertanyaan ini WAJIB dijawab YA disertai dengan penjelasan singkat.
Misalnya: "Saya punya target dan tujuan dalam hidup, dan saat ini saya sudah berada di dalam jalur pencapaian tujuan tersebut.
I'm on the right track!"

2. Apa penilaian rekan kerja  tentang Anda?

Jangan mengarang/ berbohong, karena kalau yang interview Anda seorang psikolog, bakal ketahuan banget bohongnya. Karena itu sebaiknya Anda pernah nanya sama rekan kerja mengenai hal ini.
Ambil yang positif aja. Contohnya: "Teman saya di perusahaan saya yang sebelumnya selalu berkata bahwa saya adalah seseorang yang idealis, jujur dan perfeksionis dalam bekerja."


3. Hal-hal apa yang  lakukan selama setahun terakhir ini untuk meningkatkan kemampuan diri ?

Sebaiknya jangan mengarang karena nanti akan dituntut buktinya. Pertanyaan ini bisa dijawab seperti ini: "Saya mengikuti seminar A, training B, banyak membaca buku pengembangan diri, ikut kegiatan sosial, ikut organisasi, dll"

4. Apakah  pernah di PHK?

Jika tidak bilang tidak. Jika ya, jujur saja dan jawab dengan singkat tanpa menjelekkan perusahaan/ mantan bos yang mem-PHK , dan juga jangan "menjatuhkan" citra diri Anda secara terang-terangan.

5. Ceritakan mengenai pekerjaan impian Anda!

Jangan jawab jenis pekerjaan secara spesifik. Lebih baik tetap bersikap "umum" dengan jawaban seperti: Pekerjaan yang saya cintai, atmosfir lingkungan kerja yang mendukung, pekerjaan dimana saya bisa menyalurkan kreatifitas dan inovasi saya, dst."

6. Mana yang lebih penting: Uang atau Pekerjaan?

Tidak ada jawaban yang lebih baik dari: "Uang selalu penting; tapi pekerjaan adalah yang terpenting"
Previous
Next

0 comments:

Post a Comment

Thank you for your comments